Senin, 23 November 2020

Penggunaan Sinau 2020

 Penggunaan Sinau Siakad Baru UIN Sunan Ampel

sinau.uinsby.ac.id atau yang lebih akrab kita kenal "sinau" adalah salah satu media yang telah diluncurkan UIN Sunan Ampel Surabaya pada tahun 2020. Sinau difungsikan sebagai pendukung pembelajaran daring (dalam jaringan), serta penghimpun data dari setiap mahasiswa.  Sebenarnya sinau adalah pengembangan dari  siakad terdahulu yakni ctrl.uinsby.ac.id yang telah dipakai beberapa tahun kebelakang, namun karena kondisi yang akhirnya menyebabkan perubahan ke sinau.

Pada dekade ini sudah banyak dosen yang menganjurkan mahasiswanya agar beralih kepada sinau.uinsby.ac.id. Tapi dilain sisi karena keterbatasan sosialisasi akhirnya beberapa mahasiswa belum terlalu paham terhadap pengoperasian dari sinau. Hal ini terlihat dari mahasiswa lama yang belum mengetahui seluk beluk sinau dan terlebih mahasiswa baru yang belum paham padahal ketika PBAK telah disosialisasikan kepada mereka. Oleh karena itu untuk menjawab persoalan tersebut, maka berikut adalah penjelasan singkat terhadap pengenalan fitur-fitur yang ada di sinau yang ditampilkan dengan gambar agar teman-teman mudah dalam memahaminya.

Sebelum kepenjelasan fitur-fitur, cara untuk aktivasi ke sinau adalah masuk ke " browser (google, crome dll) - tulis sinau.uinsby.ac.id - setelah itu masukan NIM dan pasword - masuk apliasi "


Setelah itu kita akan dihadapkan pada laman home seperti dibawah ini,

A) Dashboard


    Ini adalah tampilan dari dashboard sinau.uinsby.ac.id

B) Menu Portal

  • Berita : Berisikan informasi update terkait sistem perkuliahan secara umum dalam lingkup universitas (UINSA)

  • Data Mahasiswa : Berisikan informasi terkait biodata mahasiswa baik informasi umum, domisli, orang tua, dan sekolah asal.

  • Forum : Pada sub forum menampilkan sebaran mata kuliah satu semester yang sedang ditempuh. Pada sub ini tersedia forum kelas seperti google class room yang bisa diakses dengan cara klik icon "Mata" pada kolom "Aksi".

  • Konsultasi : Berisi data perwalian kepada dosen wali, data tersebut dihimpun mulai kapan waktu perwalian, topik apa yang dibahas, dan pesan dari dosen wali.


C) Menu Perkuliahan

  • Data Perkuliahan : Berisi sebaran mata kuliah setiap semester mulai semester 1 - 7 yang disesuaikan dengan masing masing program study

  • Proposal Tugas Akhir : Menghimpun data terkait proposal skripsi
  • Daftar Tugas Akhir : Menghimpun terkait data tugas akhir
  • Data Yudisium : Menghimpun data terkait yudisium
  • Kartu Rencana Studi (KRS) : Kartu renca studi atau KRS adalah sub bagian dalam pemilihan mata kuliah. Pemilihan ini dilakukan sebelum berjalannya kuliah (dihari libur kuliah), cara memilih mata kuliah yakni dengan memilih mata kuliah sesuai semester yang berada dikolom pilihan, setelah menentukan maka klik (centang) kolom lalu simpan.

Setelah mata kuliah sudah terkempul, maka langkah selanjutnya adalah meminta validasi dari dosen wali. Caranya adalah bila masih daring maka tatacaranya (bila mengunakan mobile phone : klik cetak KRS - klik PDF - unduh - setelah itu beri TTD - lalu kirim ke Dosen wali), (bile mengunakan PC / laptop : klik cetak KRS - klik tujuan - klik simpan PDF - setelah itu beri TTD - lalu kirim ke Dosen wali).  Namun bila sudah luring maka cukup print file KRS lalu serahkan ke Dosen wali.

Langkah Pertama, klik "cetak"
 
Lalu klik pilih "PDF dan unduh file"
  • Jadwal Mingguan : Berisi sebaran mata kuliah selamat satu minggu dan akan update sesuai tanggal kuliah
  • Jadwal Semester Ini : Berisi sebaran mata kuliah selama satu semester dan selalu update bahasan terkait materi
  • Kartu Hasil Studi : Berisi terkait nilai dari mata kuliah yang nantinya akan terisi bipenghujung perkuliahan. Cara mencetaknya sama dengan langkah-langkah yang terdapat pada sub KRS
  • Riwayat Keuangan : Berisi data terkait pembayaran UKT (uang kuliah tunggal per-semester)
  • Kemajuan Belajar : Berisi kurva terkait naik turunya nilai yang di paparkan mulai semester awal hingga akhir
  • Mengulang : Berisi data - data mata kuliah yang diulang oleh mahasiswa, bila pada semester sebelumnya terdapat mata kuliah yang belum lulus
  • Transkip : Berisi data nilai dari seluruh mata kuliah yang sudah ambil
  • Kuisioner : Berisi kuisioner terkait tanggapan mahasiswa dalam penyampaian Dosen dikelas yang meliputi berbagai aspek.
  • Cuti : Data ini akan muncul bila mahasiswa pernah melakukan cuti selama perkuliahan yang ditampilkan dalam bentuk draf

Mungkin ini pembahasan terkait pengunaan sinau semoga bisa membantu teman-teman semua dalam mengoperasikan siakad baru UIN Sunan Ampel Surabaya yakni sinau.uinsby.ac.id

HMP PBA UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Aktivis &Ketua HMP

أخي لن تنال العلم إلا بستة سأنبيك عن تفصيلها ببيان : ذكاء وحرص واجتهاد ودرهم وصحبة أستاذ وطول زمان

1 komentar: